Pengertian bauran pemasaran (Kotler. 2006)
Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang dapat dikendalikan pemasar berupa produk (product), harga (price), promosi (promotion), dan distribusi (place) yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan dalam pasar sasaaran.
Konsep Dasar Produk
Pengertian produk adalah segala sesuatu yang memberikan nilai (perbandingan antara benefit dengan cost) yang dapat dipakai untuk memuaskan kebutuhan.
Alasan pembelian produk
1. Manfaat (benefit)
a. Emotional benefit
b. Functional benefit
2. Ciri khas
Macam Produk
1. Barang
a. barang konsumsi
b. barang industri
2. Jasa
Karakteristik barang jasa adalah :
a. Intangibility
b. Inseparability
c. Variability
d. Perishability/unstoreability
Klasifikasi Barang
1. Barang konsumsi
a. Convenience goods
b. Shopping goods
c. Speciality goods
2. Barang industri
a. Material and parts
b. Capital items
c. Supplies and business services
Bauran produk dan lini produk
1. Pengertian bauran produk adalah kumpulan semua lini dan jenis produk yang dibuat perusahaan dan ditawarkan kepada konsumen.
2. Pengertian lini produk adalah sekelompok produk yang berkaitan erat karena fungsinya serupa, ditujukan kepada sekelompok pembeli yang sama, atau dipasarkan lewat saluran distribusi yang sama.
Aspek lini produk
1. Keluasan (width)
Keluasan adalah jumlah lin produk yang berbeda-beda yang dipasarkan oleh satu perusahaan.
2. Kedalaman (depth) lini produk
Adalah jumlah item yang ditawarkan untuk masing-masing lini produk.
Identifikasi Produk
1. Pengertian merek
Merek adalah nama, simbol, tanda atau desain atau kombinasi dari semuanya yang digunaka untuk membedakan produk dan menandakan kualitas yang dimiliki.
2. Variasi bentuk merek
a. Brand name
b. Brand merk
c. Trade Character
3. Macam merk
a. Manufaturer/national brand
b. Private brand
Pengembangan Produk Baru
1. Pengembangan gagasan
2. Penyaringan gagasan
3. Pengujian konsep
4. Analisis bisnis
5. Pengembangan prototipe/rancangan proses jasa
6. Pengujian produk dan uji pemasaran
7. Komersialisasi
Kemasan
1. Kemasan produk (packaging)
Pengembangan wadah dan desain grafis untuk produk yang dijual kepada konsumen
2. Manfaat konsumen
a. Pelindung produk
b. Menandakan merek
c. Menambah manfaat produk
d. Memotivasi pilihan konsumen (promosi)
Pelabelan
Pelabelan produk (labeling) adalah pemberian informasi penting tentang suatu produk pada kemasannya.
Fungsi label
a. Mengidentifikasi produk/merek
b. Mengklasifikasi produk
c. Menguraikan informasi
d. Mempromosikan produk
Product Life Cycle
Tahapan product life cycle (daur hidup produk)
1. Perkenalan (introduction)
2. Pertumbuhan (growth)
3. Kedewasaan (maturity)
4. Penurunan (decline)
Konsep Dasar Harga
1. Pengertian harga
Harga adalah nilai tukar suatu produk yang dinyatakan dalam satuan moneter
2. Tujuan penetapan harga
a. Memaksimalkan laba yang diperoleh perusahaan
b. Merebut pangsa pasar
c. Mempertahankan status dari persaingan
Pendekatan Penetaan Harga
1. Berdasarkan biaya > Penetapan harga cost plus/mark up pricing
2. Berdasarkan persepsi pembeli > Harga ditetapkan berdasarkan persepsi pembeli atas nilai produk yang diberikan dan bukan berdasarkan biaya penjual
3. Berdasaran persaingan > Penetapan harga diakukan dengan mengikuti harga pesaing
Strategi harga
1. Strategi harga baru
a. Skimming
b. Penetration pricing
2. Strategi harga psikologis
a. Prestige pricing
b. Odd pricing
c. Pricce lining
3. Strategi harga diskon
a. Cash discount
b. Quantity discount
c. Seasonal discount
4. Strategi harga kompetitif
a. Relative pricing
b. Follow the leader pricing
Promosi dan Distribusi
Promosi adalah usaha yang dilakukan pihak pemasar untuk mempengaruhi pihak lain agar bersedia berpartisipasi dalam kegiatan pertukaran
Tujuan promosi adalah :
a. Menyampaikan informasi kepada pembeli potensial tentang produk, tempat pembelian, harga dan informasi lain yang diperlukan konsumen sebelum membuat keputusan pembelian
b. Memposisikan produk
c. Menambah nilai
d. Mengontrol volume penjualan
Berdasarkan sasaran yang dituju maka strategi promosi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :
a. Push Strategi
Strategi promosi yang ditujukan perusahaan kepada pengecer dan distributor agar mereka bersedia lebih aktif menawarkan produknya kepada konsumen atau memajang produknya di toko.
b. Pull strategy
Strategi promosi yang ditujukan perusahaan kepada konsumen akhir agar mereka bersedia melakukan pembelian produk yang ditawarkan lebih banyak atau lebih sering.
Baruan promosi
Adalah gabungan beberapa aktivitas promosi yang dilakukan oleh perusahaan.
Bauran prmosi
1. Periklanan (advertising)
Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang dapat dikendalikan pemasar berupa produk (product), harga (price), promosi (promotion), dan distribusi (place) yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan dalam pasar sasaaran.
Konsep Dasar Produk
Pengertian produk adalah segala sesuatu yang memberikan nilai (perbandingan antara benefit dengan cost) yang dapat dipakai untuk memuaskan kebutuhan.
Alasan pembelian produk
1. Manfaat (benefit)
a. Emotional benefit
b. Functional benefit
2. Ciri khas
Macam Produk
1. Barang
a. barang konsumsi
b. barang industri
2. Jasa
Karakteristik barang jasa adalah :
a. Intangibility
b. Inseparability
c. Variability
d. Perishability/unstoreability
Klasifikasi Barang
1. Barang konsumsi
a. Convenience goods
b. Shopping goods
c. Speciality goods
2. Barang industri
a. Material and parts
b. Capital items
c. Supplies and business services
Bauran produk dan lini produk
1. Pengertian bauran produk adalah kumpulan semua lini dan jenis produk yang dibuat perusahaan dan ditawarkan kepada konsumen.
2. Pengertian lini produk adalah sekelompok produk yang berkaitan erat karena fungsinya serupa, ditujukan kepada sekelompok pembeli yang sama, atau dipasarkan lewat saluran distribusi yang sama.
Aspek lini produk
1. Keluasan (width)
Keluasan adalah jumlah lin produk yang berbeda-beda yang dipasarkan oleh satu perusahaan.
2. Kedalaman (depth) lini produk
Adalah jumlah item yang ditawarkan untuk masing-masing lini produk.
Identifikasi Produk
1. Pengertian merek
Merek adalah nama, simbol, tanda atau desain atau kombinasi dari semuanya yang digunaka untuk membedakan produk dan menandakan kualitas yang dimiliki.
2. Variasi bentuk merek
a. Brand name
b. Brand merk
c. Trade Character
3. Macam merk
a. Manufaturer/national brand
b. Private brand
Pengembangan Produk Baru
1. Pengembangan gagasan
2. Penyaringan gagasan
3. Pengujian konsep
4. Analisis bisnis
5. Pengembangan prototipe/rancangan proses jasa
6. Pengujian produk dan uji pemasaran
7. Komersialisasi
Kemasan
1. Kemasan produk (packaging)
Pengembangan wadah dan desain grafis untuk produk yang dijual kepada konsumen
2. Manfaat konsumen
a. Pelindung produk
b. Menandakan merek
c. Menambah manfaat produk
d. Memotivasi pilihan konsumen (promosi)
Pelabelan
Pelabelan produk (labeling) adalah pemberian informasi penting tentang suatu produk pada kemasannya.
Fungsi label
a. Mengidentifikasi produk/merek
b. Mengklasifikasi produk
c. Menguraikan informasi
d. Mempromosikan produk
Product Life Cycle
Tahapan product life cycle (daur hidup produk)
1. Perkenalan (introduction)
2. Pertumbuhan (growth)
3. Kedewasaan (maturity)
4. Penurunan (decline)
Konsep Dasar Harga
1. Pengertian harga
Harga adalah nilai tukar suatu produk yang dinyatakan dalam satuan moneter
2. Tujuan penetapan harga
a. Memaksimalkan laba yang diperoleh perusahaan
b. Merebut pangsa pasar
c. Mempertahankan status dari persaingan
Pendekatan Penetaan Harga
1. Berdasarkan biaya > Penetapan harga cost plus/mark up pricing
2. Berdasarkan persepsi pembeli > Harga ditetapkan berdasarkan persepsi pembeli atas nilai produk yang diberikan dan bukan berdasarkan biaya penjual
3. Berdasaran persaingan > Penetapan harga diakukan dengan mengikuti harga pesaing
Strategi harga
1. Strategi harga baru
a. Skimming
b. Penetration pricing
2. Strategi harga psikologis
a. Prestige pricing
b. Odd pricing
c. Pricce lining
3. Strategi harga diskon
a. Cash discount
b. Quantity discount
c. Seasonal discount
4. Strategi harga kompetitif
a. Relative pricing
b. Follow the leader pricing
Promosi dan Distribusi
Promosi adalah usaha yang dilakukan pihak pemasar untuk mempengaruhi pihak lain agar bersedia berpartisipasi dalam kegiatan pertukaran
Tujuan promosi adalah :
a. Menyampaikan informasi kepada pembeli potensial tentang produk, tempat pembelian, harga dan informasi lain yang diperlukan konsumen sebelum membuat keputusan pembelian
b. Memposisikan produk
c. Menambah nilai
d. Mengontrol volume penjualan
Berdasarkan sasaran yang dituju maka strategi promosi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :
a. Push Strategi
Strategi promosi yang ditujukan perusahaan kepada pengecer dan distributor agar mereka bersedia lebih aktif menawarkan produknya kepada konsumen atau memajang produknya di toko.
b. Pull strategy
Strategi promosi yang ditujukan perusahaan kepada konsumen akhir agar mereka bersedia melakukan pembelian produk yang ditawarkan lebih banyak atau lebih sering.
Baruan promosi
Adalah gabungan beberapa aktivitas promosi yang dilakukan oleh perusahaan.
Bauran prmosi
1. Periklanan (advertising)
Comments
Post a Comment