Tanggung jawab sosial dan etika seperti apakah yang akan dihadapi oleh seorang komunikator (marketing)?
Soal : Tanggung jawab sosial dan etika seperti apakah yang akan dihadapi oleh seorang komunikator (marketing)?
Kegiatan yang dilakukan oleh marketing suatau perusahaan harus mengacu pada tangung jawab sosial, suatu marketing pasti akan mencari keuntungan, tapi bukan berarti terus mengorbankan kepentingan pihak-pihak lain terutama konsumen. Dengan kata lain, seorang marketing tidak boleh mengorbankan kepentingan konsumen untuk keuntungan semata.
Apa yang disampaikan oleh seorang marketing kepada masyarakat sudah seharusnya sesuai dengan kenyataan yang ada, bukankah jika nanti tidak sesuai dengan yang dikomunikasikan malah membuat konsumen kecewa?.
Beberapa tanggung jawab sosial yang dihadapi antara lain
a. Sosial Kemasyarakatan : Marketing dalam suatu perusahaan sudah seharusnya terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial, ini akan berdampak baik pada citra merek/perusahaan tersebut. Di sisi lain juga, perusahaan memiliki tanggung jawab sosial yang tidak akan melakukan kegiatan yang merugikan masyarakat luas (sosial).
b. Keuntungan Ekonomis : Sudah menjadi hal yang normal suatu perusahaan mencari keuntungan, tetapi bukan berarti dengan mencari keuntungan sebanyak-banyaknya harus mengorbankan kepentingan-kepentingan konsumen dan pihak terkait lainnya. Seorang marketing harus memperhatikan itu, jangan sampai ada pihak yang dirugikan.
c. Undang-undang dan aturan yang berlaku : Seorang marketing/komunikator memiliki tanggung jawab sosial dan moral dalam hal patuh terhadap aturan yang berlaku dalam suatu masyarakat.
Kegiatan yang dilakukan oleh marketing suatau perusahaan harus mengacu pada tangung jawab sosial, suatu marketing pasti akan mencari keuntungan, tapi bukan berarti terus mengorbankan kepentingan pihak-pihak lain terutama konsumen. Dengan kata lain, seorang marketing tidak boleh mengorbankan kepentingan konsumen untuk keuntungan semata.
Apa yang disampaikan oleh seorang marketing kepada masyarakat sudah seharusnya sesuai dengan kenyataan yang ada, bukankah jika nanti tidak sesuai dengan yang dikomunikasikan malah membuat konsumen kecewa?.
Beberapa tanggung jawab sosial yang dihadapi antara lain
a. Sosial Kemasyarakatan : Marketing dalam suatu perusahaan sudah seharusnya terlibat dalam kegiatan-kegiatan sosial, ini akan berdampak baik pada citra merek/perusahaan tersebut. Di sisi lain juga, perusahaan memiliki tanggung jawab sosial yang tidak akan melakukan kegiatan yang merugikan masyarakat luas (sosial).
b. Keuntungan Ekonomis : Sudah menjadi hal yang normal suatu perusahaan mencari keuntungan, tetapi bukan berarti dengan mencari keuntungan sebanyak-banyaknya harus mengorbankan kepentingan-kepentingan konsumen dan pihak terkait lainnya. Seorang marketing harus memperhatikan itu, jangan sampai ada pihak yang dirugikan.
c. Undang-undang dan aturan yang berlaku : Seorang marketing/komunikator memiliki tanggung jawab sosial dan moral dalam hal patuh terhadap aturan yang berlaku dalam suatu masyarakat.
Comments
Post a Comment