Strategi Pemasaran yang Digerakkan oleh Pelanggan
Penetapan sasaram pasar
Segmentasi : Mengelompokkan
Bagi pemasaran konsumen, variabel segmentasi utama adlah unsur geografis, demografis, dll.
Segmentasi geografis : Dibagi menjadi unit geografis yang berbeda misal negara, wilayah, negara bagian, kota, lingkungan dll.
Segmentasi demografis : Dibagi menjadi berdasarkan variabel domografi yang mencakup usia, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan, agama, ras, generasi dan kebangsaan.
Segmentasi psikografis dan perilaku
Dalam segmentasi psikografis, pasar dibagi menjadi kelompok berbeda berdasarakan : kelas sosial, gaya hidup dan karakteristik kepribadian.
Dalam segmentasi erilaku, pasar dibagi menjadi kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap, penggunaaan, atau respons konsumen terhadap suatu produk.
Diferensiasi dan positioning
Diferensiasi sebenarnya melibakan pembedaan penawaran pasar untuk menciptakan nilai pelanggan yang unggul.
Positioning terdiri dari positioning penawaran pasar dalam pikiran pelanggan sasaran.
Menargetkan segmen pasar terbaik
Untuk menargetkan segmen pasar terbaik, mula-mula perusahaan mengevaluasi masing-masing :
- Ukuran segmen dan karakteristik pertumbuhan
- Daya tarik struktural
Pemasaran dan diferensiasi
Penjual bisa mengabaikan perbedaan segmen dan menetapkan sasaran secara luas dengan menggunakan pemasaran tanpa diferensiasi (pemasaran massal).
Sasaran segmentasi pemasaran
Pemasaran ceruk dan Mikro
-Pemasaran terkonsentrasi (pemasaran ceruk) memerlukan fokus pada satu atau beberapa segmen pasar saja.
- Terakhir, pemasaran mikro adalah praktek penghantaran produk dan program pemasaran khusus untuk memenuhi selera individu dan lokasi tertentu
-Pemasaran mikro meliputi pemasaran lokal dan pemasaran individual
Strategi Penetapan Sasaran Terbaik
Strategi penetapan sasaran yang terbaik bergantung pada :
- Sumber daya perusahaan
- Keberagaman produk
- Tahap siklus hidup produk
- Keberagaman pasar
- Strategi pemasaran kompetitif
Strategi difensiasi dan positioning
-Setelah perusahaan memutuskan segmen mana yang dimasuki, perusahaan harus memutuskan strategi diferensiasi dan positioningnya.
Tugas diferensiasi dan positioning terdiri dari langkah-langkah :
- Mengidentifikasi sekumpulan kemungkinan diferensiasi yang menciptakan keunggulan kompetitif
- Memilih keuntungan untuk membangun posisi
- Memilih keunggulan kompetitif yang tepat
- Memilih keseluruhan strategi positioning
Strategi positioning
Proposisi
Secara umum, perusahaan dapat memlih satu dari lima proposisi nilai pemenang di mana mereka akan membangun posisi produk mereka :
- Lebihbanyak untuk leebih banyak
- Lebih banyak untuk sama
- Sama untuk lebih sedikit
- Lebih sedikit untuk jauh lebih sedikit
- Lebih banyak untuk lebih sedikit
Positioning penuh merek disebut proposisi nilia-bauran penuh dari manfaat dimana mereka diposisikan.
Stretegi Positioning
Pernyataan Positioning
Positioning perusahaan dan merek dirangkum dalam pernyataan positioning yang menyatakan :
- Segmen dan kebutuhan sasaran
- Konsep positioning
- Titik perbedaan khusus
Kemudian perusahaan harus secara efektif mengkomunikasikan dan menghantarkan posisi terpilih kepada pasar.
Penetapan sasaram pasar
Segmentasi : Mengelompokkan
Bagi pemasaran konsumen, variabel segmentasi utama adlah unsur geografis, demografis, dll.
Segmentasi geografis : Dibagi menjadi unit geografis yang berbeda misal negara, wilayah, negara bagian, kota, lingkungan dll.
Segmentasi demografis : Dibagi menjadi berdasarkan variabel domografi yang mencakup usia, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan, agama, ras, generasi dan kebangsaan.
Segmentasi psikografis dan perilaku
Dalam segmentasi psikografis, pasar dibagi menjadi kelompok berbeda berdasarakan : kelas sosial, gaya hidup dan karakteristik kepribadian.
Dalam segmentasi erilaku, pasar dibagi menjadi kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap, penggunaaan, atau respons konsumen terhadap suatu produk.
Diferensiasi dan positioning
Diferensiasi sebenarnya melibakan pembedaan penawaran pasar untuk menciptakan nilai pelanggan yang unggul.
Positioning terdiri dari positioning penawaran pasar dalam pikiran pelanggan sasaran.
Menargetkan segmen pasar terbaik
Untuk menargetkan segmen pasar terbaik, mula-mula perusahaan mengevaluasi masing-masing :
- Ukuran segmen dan karakteristik pertumbuhan
- Daya tarik struktural
Pemasaran dan diferensiasi
Penjual bisa mengabaikan perbedaan segmen dan menetapkan sasaran secara luas dengan menggunakan pemasaran tanpa diferensiasi (pemasaran massal).
Sasaran segmentasi pemasaran
Pemasaran ceruk dan Mikro
-Pemasaran terkonsentrasi (pemasaran ceruk) memerlukan fokus pada satu atau beberapa segmen pasar saja.
- Terakhir, pemasaran mikro adalah praktek penghantaran produk dan program pemasaran khusus untuk memenuhi selera individu dan lokasi tertentu
-Pemasaran mikro meliputi pemasaran lokal dan pemasaran individual
Strategi Penetapan Sasaran Terbaik
Strategi penetapan sasaran yang terbaik bergantung pada :
- Sumber daya perusahaan
- Keberagaman produk
- Tahap siklus hidup produk
- Keberagaman pasar
- Strategi pemasaran kompetitif
Strategi difensiasi dan positioning
-Setelah perusahaan memutuskan segmen mana yang dimasuki, perusahaan harus memutuskan strategi diferensiasi dan positioningnya.
Tugas diferensiasi dan positioning terdiri dari langkah-langkah :
- Mengidentifikasi sekumpulan kemungkinan diferensiasi yang menciptakan keunggulan kompetitif
- Memilih keuntungan untuk membangun posisi
- Memilih keunggulan kompetitif yang tepat
- Memilih keseluruhan strategi positioning
Strategi positioning
Proposisi
Secara umum, perusahaan dapat memlih satu dari lima proposisi nilai pemenang di mana mereka akan membangun posisi produk mereka :
- Lebihbanyak untuk leebih banyak
- Lebih banyak untuk sama
- Sama untuk lebih sedikit
- Lebih sedikit untuk jauh lebih sedikit
- Lebih banyak untuk lebih sedikit
Positioning penuh merek disebut proposisi nilia-bauran penuh dari manfaat dimana mereka diposisikan.
Stretegi Positioning
Pernyataan Positioning
Positioning perusahaan dan merek dirangkum dalam pernyataan positioning yang menyatakan :
- Segmen dan kebutuhan sasaran
- Konsep positioning
- Titik perbedaan khusus
Kemudian perusahaan harus secara efektif mengkomunikasikan dan menghantarkan posisi terpilih kepada pasar.
Comments
Post a Comment