Skip to main content

BAB 7 Strategi Pemasaran yang Digerakkan Oleh Pelanggan

Strategi Pemasaran yang Digerakkan oleh Pelanggan
Penetapan sasaram pasar
Segmentasi : Mengelompokkan
Bagi pemasaran konsumen, variabel segmentasi utama adlah unsur geografis, demografis, dll.
Segmentasi geografis : Dibagi menjadi unit geografis yang berbeda misal negara, wilayah, negara bagian, kota, lingkungan dll.
Segmentasi demografis : Dibagi menjadi berdasarkan variabel domografi yang mencakup usia, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan, agama, ras, generasi dan kebangsaan.

Segmentasi psikografis dan perilaku
Dalam segmentasi psikografis, pasar dibagi menjadi kelompok berbeda berdasarakan : kelas sosial, gaya hidup dan karakteristik  kepribadian.
Dalam segmentasi erilaku, pasar dibagi menjadi kelompok berdasarkan pengetahuan, sikap, penggunaaan, atau respons konsumen terhadap suatu produk.



Diferensiasi dan positioning
Diferensiasi sebenarnya melibakan pembedaan penawaran pasar untuk menciptakan nilai pelanggan yang unggul.
Positioning terdiri dari positioning penawaran pasar dalam pikiran pelanggan sasaran.

Menargetkan segmen pasar terbaik
Untuk menargetkan segmen pasar terbaik, mula-mula perusahaan mengevaluasi masing-masing :
- Ukuran segmen dan karakteristik pertumbuhan
- Daya tarik struktural

Pemasaran dan diferensiasi
Penjual bisa mengabaikan perbedaan segmen dan menetapkan sasaran secara luas dengan menggunakan pemasaran tanpa diferensiasi (pemasaran massal).

Sasaran segmentasi pemasaran
Pemasaran ceruk dan Mikro
-Pemasaran terkonsentrasi (pemasaran ceruk) memerlukan fokus pada satu atau beberapa segmen pasar saja.
- Terakhir, pemasaran mikro adalah praktek penghantaran produk dan program pemasaran khusus untuk memenuhi selera individu dan lokasi tertentu
-Pemasaran mikro meliputi pemasaran lokal dan pemasaran individual

Strategi Penetapan Sasaran Terbaik
Strategi penetapan sasaran yang terbaik bergantung pada :
- Sumber daya perusahaan
- Keberagaman produk
- Tahap siklus hidup produk
- Keberagaman pasar
- Strategi pemasaran kompetitif

Strategi difensiasi dan positioning
-Setelah perusahaan memutuskan segmen mana yang dimasuki, perusahaan harus memutuskan strategi diferensiasi dan positioningnya.
Tugas diferensiasi dan positioning terdiri dari langkah-langkah :
- Mengidentifikasi sekumpulan kemungkinan diferensiasi yang menciptakan keunggulan kompetitif
- Memilih keuntungan untuk membangun posisi
- Memilih keunggulan kompetitif yang tepat
- Memilih keseluruhan strategi positioning

Strategi positioning
Proposisi
Secara umum, perusahaan dapat memlih satu dari lima proposisi nilai pemenang di mana mereka akan membangun posisi produk mereka :
- Lebihbanyak untuk leebih banyak
- Lebih banyak untuk sama
- Sama untuk lebih sedikit
- Lebih sedikit untuk jauh lebih sedikit
- Lebih banyak untuk lebih sedikit
Positioning penuh merek disebut proposisi nilia-bauran penuh dari manfaat dimana mereka diposisikan.

Stretegi Positioning
Pernyataan Positioning
Positioning perusahaan dan merek dirangkum dalam pernyataan positioning yang menyatakan :
- Segmen dan kebutuhan sasaran
- Konsep positioning
- Titik perbedaan khusus

Kemudian perusahaan harus secara efektif mengkomunikasikan dan menghantarkan posisi terpilih kepada pasar.

Comments

Popular posts from this blog

Batang Perpanjangan Sock (Socket Extension Bar)

Batang Perpanjangan Sock (Socket Extension Bar) Alat ini digunakan bersama dengan ratchet atau Alat yang sama untuk menjangkau mur atau baut yang tidak terjangkau oleh spanner. Pastikan extension sejajar dengan head nut atau head bolt dan socket terpasang dengan aman serta tidak berada dalam posisi miring pada suatu sudut. Jika tidak maka extension dapat tergelincir sehingga menimbulkan kerusakan pada tool atau kemungkinan cidera. Berhatihatilah ketika bekerja di dalam tempat yang tertutup di sekitar sambungan listrik misalnya pada starter atau battery. Untuk mendapatkan informasi-informasi terbaru di bidang otomotif, dapat membaca artikel di website bisatomotif.com

Alat-Alat Bengkel : Fungsi Ratchet

Alat-Alat Bengkel : Fungsi Ratchet - Ratchet adalah kelengkapan kunci socket yang digunakan untuk melepas/memasang baut yang dalam keadaan longgar, tanpa harus melepaskan kunci sock dari kepala baut atau mur. Selama proses melepas atau memasang cukup dengan cara menarik dan mendorong batang ratchetnya. Untuk mengubah arah  putaran kunci sock,  cukup dengan memutar kunci pembalik.  Ratchet handle dan head dibuat dari besi tempa dengan drive pada salah satu sisi dan tuas pemutar yang memiliki pengatur arah putaran pada head. Standard rachet terdiri dari ukuran dan bentuk yang berbedabeda untuk penggunaan yang berbeda-beda pula, terdiri dari  swivel head, long handle, short handle, dan bent handle swivel head. Ratchet dipasang dengan drive socket untuk melepas dan memasang komponen pengikat di semua penggunaan yang cukup ruang. Yakinkan socket terpasang dengan baik ke ratchet lug. Jangan pergunakan extension pada ratchet atau memukul dengan hammer karena dapat menyebabkan kerusakan too

Rangkuman Direct Marketing (Pemasaran Langsung)

Rangkuman Direct Marketing (Pemasaran Langsung) - Direct marketing merupakan sistem pemasaran yang menyebabkan perusahaan dan atau pemasar mampu melakukan komunikasi secara langsung dengan konsumennya dalam rangka menghasilkan respon atau transaksi yang juga bersifat langsung. Respon yang dihasilkan dari direct marketing tersebut antara lain inquiry, pembelian atau dukungan terhadap konsumen dalam memutuskan sebuah tindakan. Keberhasilan pemasaran melalui direct marketing sangat ditentukan oleh kemampuan perusahaan dan atau pemasar untuk memilih target pasar serta mendesain kampenye direct marketingnya. Pasar yang tepat akan menentukan efektivitas pemasaran langsung yang diterapkan, sedangkan desain kampanye direct marketing yang unik, menyenangkan, serta menginspirasi akan menentukan keberkualitasan direct marketing yang diterapkan. Baca juga : Pengertian merk menurut para ahli Direct Marketing Tujuan Direct Marketing Tujuan pemasaran langsung adalah membuat kotak langsung