Rangkuman Direct Marketing (Pemasaran Langsung) - Direct marketing merupakan sistem pemasaran yang menyebabkan perusahaan dan atau pemasar mampu melakukan komunikasi secara langsung dengan konsumennya dalam rangka menghasilkan respon atau transaksi yang juga bersifat langsung. Respon yang dihasilkan dari direct marketing tersebut antara lain inquiry, pembelian atau dukungan terhadap konsumen dalam memutuskan sebuah tindakan.
Keberhasilan pemasaran melalui direct marketing sangat ditentukan oleh kemampuan perusahaan dan atau pemasar untuk memilih target pasar serta mendesain kampenye direct marketingnya. Pasar yang tepat akan menentukan efektivitas pemasaran langsung yang diterapkan, sedangkan desain kampanye direct marketing yang unik, menyenangkan, serta menginspirasi akan menentukan keberkualitasan direct marketing yang diterapkan. Baca juga : Pengertian merk menurut para ahli
1. Komputer
2. Telepon
3. Surat
4. Kios
Ada banyak manfaat dari aktiitas pemasaran langsung, baik manfaat yang dirasakan oleh produsen maupun oleh konsumen. Manfaat bagi konsumen (pelanggan) diantaranya pelanggan dapat melaksanakan transaksi belanja di rumah. Belanja dari rumah dirasakan lebih menyenangkan, nyaman dan bebas dari pertengkaran. Cara ini menghemat banyak waktu dan memperkenalkan konsumen dengan pilihan barang dagangan yang lebih banyak. Konsumen juga dapat memesan barang untuk mereka sendiri atauun untuk orang lain.
Pemasaran langsung dapat diatur waktunya untuk menjangkau calon pembeli pada saat yang tepat. Pemasaran langsung juga membuat tawaran dan strategi pemasaran langsung yang tidak terlihat bagi pesaing. Akhirnya, pemasar langsung dapat menukur tanggapan atas kampanyenya untuk memutuskan mana yang paling menguntungkan.
Perkembangan zaman yang semakin maju, lalu lintas yang semakin padat, dan sulitnya menemukan waktu luang bagi orang yang mempunyai kesibukan tidak terbatas dapat menimbulkan rasa malas untuk melakukan transaksi pembelian langsung secara langsung (face to face). Hal ini mendorong perusahaan untuk menggunakan berbagai media yang dapat digunakan untuk direct marketing.
1. Telemarketing
2. Electronic shipping
3. Direct response media
4. Kiosk shopping
5. Email dan direct email
6. Catalog
7. Media massa
8. Alternative media
9. Internet
10. Social media
Tidak semua produk cocok untuk dijual melalui direct marketin. Beberapa produk yang lebih cocok dijual dengan menggunakan direct marketing adalah produk yang tidak tersedia di toko, produk yang kaya cerita, produk yang harganya dapat dinaikan, produk yang menawarkan unsur-unsur kesenangan, produk yang harus diisi ulang atau perlu dimutakhirkan, produk yang berbeda dengan kompetitor.
Startegi dalam mengimplementasikan direct marketing tentu saja dipengaruhi oleh target pasar yang dituju. Oleh karena itu, diperlukan kejelian untuk mempertimbangkan sejumlah aspek yang berkenaan dengan faktor geografis, demografis dan psikografis.
Artikel terkait :
1. Pengertian manajemen sumber daya manusia menurut para ahli
Keberhasilan pemasaran melalui direct marketing sangat ditentukan oleh kemampuan perusahaan dan atau pemasar untuk memilih target pasar serta mendesain kampenye direct marketingnya. Pasar yang tepat akan menentukan efektivitas pemasaran langsung yang diterapkan, sedangkan desain kampanye direct marketing yang unik, menyenangkan, serta menginspirasi akan menentukan keberkualitasan direct marketing yang diterapkan. Baca juga : Pengertian merk menurut para ahli
![]() |
Direct Marketing |
Tujuan Direct Marketing
Tujuan pemasaran langsung adalah membuat kotak langsung dengan konsumen akhir melalui media alternatif misalnya :1. Komputer
2. Telepon
3. Surat
4. Kios
Ada banyak manfaat dari aktiitas pemasaran langsung, baik manfaat yang dirasakan oleh produsen maupun oleh konsumen. Manfaat bagi konsumen (pelanggan) diantaranya pelanggan dapat melaksanakan transaksi belanja di rumah. Belanja dari rumah dirasakan lebih menyenangkan, nyaman dan bebas dari pertengkaran. Cara ini menghemat banyak waktu dan memperkenalkan konsumen dengan pilihan barang dagangan yang lebih banyak. Konsumen juga dapat memesan barang untuk mereka sendiri atauun untuk orang lain.
Pemasaran langsung dapat diatur waktunya untuk menjangkau calon pembeli pada saat yang tepat. Pemasaran langsung juga membuat tawaran dan strategi pemasaran langsung yang tidak terlihat bagi pesaing. Akhirnya, pemasar langsung dapat menukur tanggapan atas kampanyenya untuk memutuskan mana yang paling menguntungkan.
Perkembangan zaman yang semakin maju, lalu lintas yang semakin padat, dan sulitnya menemukan waktu luang bagi orang yang mempunyai kesibukan tidak terbatas dapat menimbulkan rasa malas untuk melakukan transaksi pembelian langsung secara langsung (face to face). Hal ini mendorong perusahaan untuk menggunakan berbagai media yang dapat digunakan untuk direct marketing.
Media direct marketing
Media direct marketing antara lain :1. Telemarketing
2. Electronic shipping
3. Direct response media
4. Kiosk shopping
5. Email dan direct email
6. Catalog
7. Media massa
8. Alternative media
9. Internet
10. Social media
Tidak semua produk cocok untuk dijual melalui direct marketin. Beberapa produk yang lebih cocok dijual dengan menggunakan direct marketing adalah produk yang tidak tersedia di toko, produk yang kaya cerita, produk yang harganya dapat dinaikan, produk yang menawarkan unsur-unsur kesenangan, produk yang harus diisi ulang atau perlu dimutakhirkan, produk yang berbeda dengan kompetitor.
Startegi dalam mengimplementasikan direct marketing tentu saja dipengaruhi oleh target pasar yang dituju. Oleh karena itu, diperlukan kejelian untuk mempertimbangkan sejumlah aspek yang berkenaan dengan faktor geografis, demografis dan psikografis.
Artikel terkait :
1. Pengertian manajemen sumber daya manusia menurut para ahli
Comments
Post a Comment